Apa Kata Alkitab Tentang Roh Jahat dan Setan?
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 27 July 2024

Kalangan Sendiri

Apa Kata Alkitab Tentang Roh Jahat dan Setan?

Puji Astuti Official Writer
953

Di Indonesia film horor menjadi salah satu genre yang disukai banyak orang. Roh jahat dan setan sering digambarkan dengan cara yang sangat bervariasi. Ada yang menampilkan roh jahat dan setan sebagai sosok yang sangat menakutkan, dengan tujuan untuk menakut-nakuti penonton.  

Namun, ada juga yang menggambarkan mereka sebagai makhluk yang imut atau bahkan dapat menolong manusia, seolah-olah mereka tidak berbahaya. Di media sosial, beragam konten dibuat untuk menunjukkan roh jahat dalam berbagai bentuk, seperti khodam atau jin, yang diklaim dapat melindungi manusia. 

Tujuan Utama Roh Jahat dan Setan 

Pandangan-pandangan ini bisa membingungkan dan menyesatkan. Sebab Alkitab memberikan pandangan yang jelas tentang roh jahat. Menurut Alkitab, roh jahat memiliki misi yang jelas, seperti yang ditulis dalam Yohanes 10:10 menegaskan hal ini: "Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan." 

Mereka melakukan ini dengan menggunakan berbagai tipu daya dan kebohongan untuk menyesatkan dan menghancurkan umat manusia.  Dalam Yohanes 8:44, Yesus mengatakan: 

"Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta." 

BACA JUGA: 

7 Fakta Alkitab Tentang Kesurupan Roh Jahat

Aku Dibebaskan Dari Kuasa Kegelapan- Jenny Kusuma

Asal Mula Roh Jahat Menurut Alkitab 

Asal mula roh jahat dapat ditelusuri dari pemberontakan Lucifer, seorang malaikat yang jatuh dari surga karena kesombongannya. Yesaya 14:12-15 menggambarkan kejatuhan Lucifer: 

"Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putra Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa! Engkau yang berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah dan hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara. Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi! Sebaliknya, ke dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur." 

Roh jahat yang lain juga adalah malaikat yang ikut memberontak bersama Lucifer dan diusir dari surga, seperti disebutkan dalam Wahyu 12:7-9: "Maka timbullah peperangan di sorga: Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga. Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya." 

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami